Kasidan Jati

Kasidan Jati
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Yoh. 14:2-3

Jumat, 23 September 2011

Andereas Samudera 12 - 安德烈亚斯萨穆德拉 - 安德烈亞斯薩穆德拉 - Ān dé liè yà sī sà mù dé lā

Andereas Samudera 12 - 安德烈亚斯萨穆德拉 - 安德烈亞斯薩穆德拉 - Ān dé liè yà sī sà mù dé lā


http://www.revivaltm.com/de/images/resized//slideshow/RTM01_940_385.jpg
http://www.revivaltm.com/de/templates/ja_rasite/images/dark_orange/logo.png

DUA POHON DUA BUMI

I. BUMI BARU

Sejak manusia memilih buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat untuk dimakan, maka Tuhan telah membuat keputusan, bahwa manusia dipersilakan makan buah pohon ini sepuas-puasnya selama tujuh hari saja, dalam arti satu hari adalah seribu tahun dihadapan Tuhan.

2Ptr 3:8 Akan tetapi, Saudara-saudaraku yang terkasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.

Sesudah itu langit dan bumi ini akan dibinasakan di dalam api neraka, lalu Dia akan membuat langit dan bumi yang kedua. Di dalam bumi yang kedua itu akan ada satu jenis pohon yang terpenting, yakni Pohon Kehidupan. Jadi bumi yang sekarang kita tinggal ini dikhususkan untuk buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat saja dan bumi yang kedua dikhususkan untuk buah Pohon Kehidupan saja.

Why 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan laut pun tidak ada lagi. 2 Aku juga melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari surga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.

Why 22:2 Di tengah-tengah jalan kota itu, yaitu di seberang-menyeberang sungai itu, ada pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa.

Sejak dari zaman nabi Yesaya, rencana-Nya membuat Langit Baru Dan Bumi Yang Baru bumi baru ini telah di beritahukan-Nya kepada manusia. Langit Baru Dan Bumi Yang Baru itu akan menggantikan langit dan bumi pertama yang sedang kita diami ini, yang akan lenyap terbakar pada suatu hari.

2Ptr 3:10 Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus oleh nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap.

Yes 65:17 "Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru ; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.

Yes 66:22 Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.

Bahkan Petrus dengan jelas mengarahkan, pengharapan orang percaya sekarang sebenarnya bukan untuk tinggal di surga selama-lamanya, seperti yang Anda dengar dan harapkan selama ini, tetapi tinggal di Langit Baru Dan Bumi Yang Baru itu. Kalau ada disebut-sebut bahwa orang percaya akan masuk surga, itu hanya sebentar saja, tapi tempat kediaman selanjutnya adalah di atas bumi baru dengan langitnya yang baru juga.

2Ptr 3:13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.

Mengapa di dalam kitab Wahyu, di dalam Langit Baru Dan Bumi Yang Baru nanti, buah Pohon Kehidupan itu menjadi sesuatu yang sangat dijanjikan dan merupakan hak istimewa dengan syarat Anda harus menang, harus membasuh jubah Anda dan bila mengurangi atau menambah sedikit saja perkataan nubuat dalam Wahyu ini, maka malapetakanya akan ditambah atau bagian hak Anda akan diambil kembali?

Why 2:7 Siapa bertelinga, hendaklah ia men-dengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat–jemaat: Siapa yang menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Why 22:14 Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon–pohon kehidupan dan masuk melalui pintu–pintu gerbang ke dalam kota itu.

Why 22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat kitab ini, "Jika seseorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini. 19 Jikalau seseorang mengurangkan sesuatu dari perkataan–perkataan kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Dalam Langit Baru Dan Bumi Yang Baru itu nanti, akan ada sistim pendidikan yang baru, sebanding dengan sistim pendidikan di bawah buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat, tetapi tidak sepadan! Apa maksudnya? Dasar dari pendidikan buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat adalah dengan search dan research (penelitian dan pengkajian), sedang dasar pendidikan dari buah Pohon Kehidupan adalah dengan cara pewahyuan. Bila ada masalah, Anda tak perlu berfikir sendiri dan melakukan search dan research, tapi cukup dengan bertanya kepada Tuhan dan Dia akan beri solusinya dengan cepat. Tak perlu buang waktu mencari-cari jawab, tak perlu eksperimen dengan percobaan dan kegagalan (trial and error) yang membuang waktu, tenaga, dan dana yang besar. Jadi betapa dahsyat perkembangan dan pertumbuhan pengetahuan manusia di dalam Langit Baru Dan Bumi Yang Baru itu nanti.

Demikian Allah Bapa menerangkan: “Memang tak terbayangkan apa artinya buah Pohon Kehidupan itu dari sekarang, tetapi engkau dapat membandingkannya dengan hasil buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat yang membuat manusia bisa terbang ulang-alik ke angkasa luar sekarang ini dan segala macam penemuan lain dalam segala hal, selama sejarah manusia yakni 6000 tahun yang silam. Pengetahuan dan kebenaran-kebenaran yang mampu mereka kumpulkan sekarang adalah luar biasa. Namun itu semua adalah sia-sia belaka. Tetapi nanti di dalam Langit Baru Dan Bumi Baru, mereka akan menemukan kebenaran-kebenaran baru dan membangun lebih banyak karena mereka tak harus lagi membagi potensi mereka dengan perang dan kesibukan mempertahankan diri satu terhadap yang lain. Mereka akan membangun sistim pendidikan baru dan akan berkembang terus menerus, dengan dasar pewahyuan daripada-Ku. Buah-buah pohon itu membuat mereka mengerti dan mengenal Aku semakin lama semakin baik.”

Siapa di antara anda yang bisa berkata bahwa Adam dan Hawa adalah orang yang pintar? Dia jelas bodoh sekali karena dia mau mendengar bujukan si ular dan membuat pilihan yang salah! Mengapa dia mau makan buah yang dilarang Tuhan untuk dimakan?

Sungguh SANGAT BODOH SEKALI!

Ah, siapa suka menjadi keturunan orang sebodoh Adam? Tapi apa boleh buat, Anda semua dilahirkan di dalam keluarga makhluk bodoh ini!

Sekalipun Anda adalah salah satu cucu dari Adam, tak ada sedikitpun kebanggaan menjadi cucu Adam bukan? Ada agama yang menganggap Adam sebagai salah satu nabi. Nabi macam apa dia? Nabi yang sesat dan menyesatkan anak cucunya sendiri. Dia memilih makan buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat dan akibatnya semua anak cucunya harus makan buah yang terlarang itu juga sampai sekarang! Dia menjerumuskan anak cucunya ke dalam suatu sistim pendidikan yang bertingkat-tingkat demi mengatasi kutuk, itu semua akibat kebodohan Adam dan Hawa! Anda yang bisa membaca buku ini tentu pernah bersekolah bukan? Sekolah-sekolah yang Anda pernah masuki, dari TK sampai ke Universitas, itu adalah buah kebodohan Adam dan Hawa! Selama Anda menjadi keturunan Adam, mau tak mau Anda harus masuk jenjang pendidikan itu untuk mengatasi kutuk yang membuat hidup manusia jadi begini susah! Anak cucu Adam diharuskan menuntut ilmu atau hikmat di sekolah-sekolah. Namun hikmat itu adalah hikmat duniawi.

Tapi sekarang tengok sebentar apa kata Tuhan di dalam Alkitab tentang orang-orang yang menuntut hikmat duniawi ini?

1Kor 1:19 Karena ada tertulis: "Aku akan membinasakan hikmat orang-orang berhikmat dan kearifan orang-orang bijak akan Kulenyapkan."

Seandainya Anda bisa keluar dari sistim keturunan Adam, maka Anda tidak usah bersekolah sekian tahun lamanya! Bagaimana menurut pikiran Anda? Sebenarnya, siapakah yang suka sekali bersekolah? Tapi, bisakah keluar dari sistim yang sudah turun-temurun ini? Puj i Tuhan, kematian Tuhan Yesus di kayu salib, memungkinkan Anda keluar dari sistim keturunan Adam itu!


Ketika Tuhan Yesus turun menjelma menjadi manusia, Ia beri tubuhnya digantung ke kayu salib, menjadi manusia yang amat terkutuk, demi agar kutuk manusia dapat Ia tanggung semuanya, dan ia mati sebagai orang yang amat berdosa, sekalipun sama sekali Ia tidak berdosa terhadap Bapa-Nya yang di surga. Ia membayar dosa dan kutuk manusiawi, agar manusia yang mau menerima penebusan-Nya itu dapat dimerdekakan dari semua kutuk yang menimpa mereka dan agar mereka dibebaskan dari hukuman yang harus mereka tanggung di dalam api neraka kelak. Lebih lanjut, dengan daging tubuhnya disalibkan, Ia mewakili seluruh manusia yang harus terkurung di dalam tubuh dagingnya agar dapat terlepas dari kurungan tubuh mereka secara hukum (juridis) dan dibebaskan dari ikatan hidup kedagingan, sehingga kelak tubuhnya juga dapat diganti dengan tubuh baru, tubuh kebangkitan.

Lebih lanjut lagi, setelah dosa manusia itu ditebus, orang yang percaya kepada Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya itu diberi “sebagian” dari Roh Tuhan Yesus, yakni benih ilahi, sebagai benih manusia baru dan juga diberi Roh Kudus, sebagai pengasuh yang selalu menguduskannya, agar ia tumbuh menjadi manusia baru yang rohani dan dewasa penuh seperti Kristus. Dan sejak roh Tuhan Yesus itu diundang masuk ke dalam hati orang percaya ini ia disamakan derajadnya dengan Tuhan Yesus, dan diangkat jadi anaknya Allah Bapa yang di surga.

Nah! Ada kesempatan untuk pindah keturunan bagi Anda sekarang! Siapa mau bertahan jadi anaknya Adam dan Hawa yang bodoh itu? Siapa saja yang mau menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, sekarang boleh ganti keturunan! Menjadi anaknya Allah Bapa yang di sorga!

Yoh 1:12 Namun semua orang yang menerima–Nya diberi–Nya kuasa supaya menjadi anak–anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama–Nya; 13 orang–orang yang dilahirkan bukan dari darah atau dari keinginan jasmani, bukan pula oleh keinginan seorang laki–laki, melainkan dari Allah.

Kematian Tuhan Yesus di kayu salib menyediakan sebuah tempat di dalam keluarga Allah bagi Anda semua, untuk menjadi anggota keluarga yang istimewa, dikasihi penuh oleh sang Bapa. Bahkan kasih itu menuntut Anda memindahkan prioritas kasih Anda kepada Dia.

Mat 10:37 Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada–Ku, ia tidak layak bagi–Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki–laki atau perempuan lebih dari pada–Ku, ia tidak layak bagi–Ku.

Sejak Anda terima Tuhan Yesus masuk ke dalam hati Anda, Dia menjadi lebih dekat dengan Anda daripada ibu yang mengandung Anda dahulu, ayah maupun saudara-saudara sekandung Anda. Dan Bapa-mu sekarang adalah Bapa yang luar biasa bijaksana dan penuh hikmat, penuh kasih sayang yang sangat dalam kepada Anda. Nah, jangan lagi mau jadi keturunan Adam yang terlanjur bodoh itu!

Sejak Adam berbuat dosa, dia terbuang dari hadirat Allah, tak mampu berkomunikasi lagi dengan Dia, maka ia disebut makhluk daging! Mengapa? Karena tak bisa berkomunikasi lagi dengan Tuhan-nya, manusia rohaninya mati. Ia tak dengar pengajaran Tuhan lagi, tak terima instruksi apa-apa lagi, berkeliaran tanpa arah, hanya bertahan agar dapat hidup terus di atas bumi. Ia tak jauh berbeda dengan binatang sebenarnya. Binatang disebut “daging” dan manusia yang rohaninya mati ini disebut “daging” juga oleh Firman Tuhan. Semua keturunan Adam disebut manusia daging, sedang keturunan Allah Bapa disebut keturunan ilahi atau manusia rohani. Manusia daging “hidup dalam daging” sedang manusia rohani “hidup dalam Roh”.

Kej 6:3 Berfirmanlah TUHAN: "Roh–Ku tidak akan selama–lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja."

Rm 8:8 Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 9 Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah tinggal di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.

Manusia daging tidak mampu melihat Kerajaan Allah, maka dia perlu dilahirkan kembali oleh Roh, agar kembali ‘hidup’ sehingga mampu melihat Kerajaan Allah. Manusia daging hanya biasa makan buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat saja, sedang manusia rohani meninggalkan makanan itu dan mulai belajar makan dari buah Pohon Kehidupan.

Yoh 3:3 Yesus menjawab, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Yoh 3:6 Apa yang dilahirkan secara jasmani bersifat jasmani dan apa yang dilahirkan dari Roh bersifat rohani. 7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Bagaimana hidup menurut cara buah Pohon Kehidupan itu?

Beberapa orang ini hidupnya menggambarkan bagaimana hidup menurut buah Pohon Kehidupan, yakni hidup melalui pimpinan Tuhan dari saat ke saat, yakni Abraham, Musa, Daud. Tentang Daud ini kita akan bicarakan di bawah ini.

Ini kata Tuhan sendiri tentang Daud:

“Ketika Daud Ku-pilih untuk menjadi Raja, Aku tahu kualitasnya sejak dari masa kecilnya. Dia memiliki semacam kesadaran bahwa Allah leluhurnya adalah Tuhan yang sejati dan ia memutuskan untuk setia kepada-Ku seumur hidupnya. Oleh karena itu Aku mengungkapkan diri-Ku melalui dia dalam banyak kesempatan. Aku meletakkan kata-kata-Ku ke dalam mulutnya ketika dia menyanyikan mazmur. Banyak dari ajaran Paulus didasarkan pada apa yang telah ditulis oleh Daud.  Dia adalah seorang yang berkenan di hati-Ku.”

Daud hidup dengan cara buah Pohon Kehidupan, yaitu selalu bertanya kepada Tuhan apa yang hendak dilakukannya. Tuhan selalu menjadi jawaban bagi semua masalahnya. Setiap kali ia harus bertempur, Tuhan selalu menjadi penasihat perangnya. Tak heran dia selalu menang dan kerajaannya diperluas luar biasa pada zamannya. Sementara kita tahu Daud bukan orang terpelajar, samasekali bukan. Di adalah anak penggembala domba dan kambing saja, tapi akhir hidupnya dia seorang raja besar yang terhormat.

1Sam 30:7 Lalu Daud memberi perintah kepada imam Abyatar bin Ahimelekh: "Bawalah efod itu kepadaku." Maka Abyatar membawa efod itu kepada Daud. 8 Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: "Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?" Dan Ia berfirman kepadanya: "Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan."

2Sam 5:22 Ketika orang Filistin maju sekali lagi dan memencar di lembah Refaim, 23 maka bertanyalah Daud kepada TUHAN, dan Ia menjawab: "Janganlah maju, tetapi buatlah gerakan lingkaran sampai ke belakang mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau. 24 Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau bertindak cepat, sebab pada waktu itu TUHAN telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin." 25 Dan Daud berbuat demikian, seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, maka ia memukul kalah orang Filistin, mulai dari Geba sampai dekat Gezer.

Anda mau diangkat jadi seorang yang besar dan penting? Jangan makan buah Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat lagi, tapi roh Anda harus dilahirkan kembali, lalu makanlah buah Pohon Kehidupan saja, Tuhan akan berkenan kepada Anda seperti kepada Daud dan menjadikan Anda orang besar di bumi ini. Dengar suara-Nya saja dan tanyakan semua masalah kehidupan ini kepada-Nya saja, maka Dia akan menuntun jalanmu kearah sukses dan hidup Anda punya arti. Hiduplah selalu dengan pewahyuan dari Tuhan. Kalau si bocah tukang angon (menggembalakan) domba dan kambing seperti Daud itu bisa, Anda semua juga bisa!

Kis 13:22 Setelah Saul disingkirkan, Allah meng-angkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah bersaksi, ‘Aku telah mendapat Daud anak Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.'





Tidak ada komentar:

Posting Komentar