Kasidan Jati

Kasidan Jati
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Yoh. 14:2-3

Sabtu, 24 September 2011

Eskatologi 13 - Eschatology - 末世论 - 末世論 - Mò shìlùn

Eskatologi 13 - Eschatology - 末世论 - 末世論 - Mò shìlùn



Eschatology (13)

e.       Pembahasan 2Tes 2:1-12
2Tes 2:1-12 - “(1) Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara2, (2) supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba. (3) Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, (4) yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah. (5) Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu? (6) Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya. (7) Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan, (8) pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali. (9) Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa2 perbuatan ajaib, tanda2 dan mujizat2 palsu, (10) dengan rupa2 tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka. (11) Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta, (12) supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan”.
 
Ay 1-2: “(1) Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara2, (2) supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba”.
 
1Tes 4:13-5:8 - “(4:13) Selanjutnya kami tidak mau, saudara2, bahwa kamu tidak mengetahui tentang mereka yang meninggal, supaya kamu jangan berdukacita seperti orang2 lain yang tidak mempunyai pengharapan. (4:14) Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia. (4:15) Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. (4:16) Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; (4:17) sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. (4:18) Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan2 ini. (5:1) Tetapi tentang zaman dan masa, saudara-saudara, tidak perlu dituliskan kepadamu, (5:2) karena kamu sendiri tahu benar-benar, bahwa hari Tuhan datang seperti pencuri pada malam. (5:3) Apabila mereka mengatakan: Semuanya damai dan aman - maka tiba-tiba mereka ditimpa oleh kebinasaan, seperti seorang perempuan yang hamil ditimpa oleh sakit bersalin - mereka pasti tidak akan luput. (5:4) Tetapi kamu, saudara-saudara, kamu tidak hidup di dalam kegelapan, sehingga hari itu tiba-tiba mendatangi kamu seperti pencuri, (5:5) karena kamu semua adalah anak2 terang dan anak2 siang. Kita bukanlah orang2 malam atau orang2 kegelapan. (5:6) Sebab itu baiklah jangan kita tidur seperti orang2 lain, tetapi berjaga-jaga dan sadar. (5:7) Sebab mereka yang tidur, tidur waktu malam dan mereka yang mabuk, mabuk waktu malam. (5:8) Tetapi kita, yang adalah orang2 siang, baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan”.
 
2Tes 2:1-2 - “(1) Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara, (2) supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba”.
KJV: ‘the day of Christ is at hand’ (= hari Kristus sudah dekat).
RSV: ‘the day of the Lord has come’ (= hari Tuhan sedang tiba).
 
Matthew Henry: Kita mempunyai seorang musuh yang licik / cerdik, yang mengamati semua kesempatan2 untuk melakukan kejahatan / kerusakan, dan kadang2 akan memajukan / mengembangkan kesalahan2 bahkan dengan menggunakan kata2 / firman dari Kitab Suci.
 
Mat 4:5-6 - “(5) Kemudian Iblis membawaNya ke Kota Suci dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, (6) lalu berkata kepadaNya: ‘Jika Engkau Anak Allah, jatuhkanlah diriMu ke bawah, sebab ada tertulis: Mengenai Engkau Ia akan memerintahkan malaikat2Nya dan mereka akan menatang Engkau di atas tangannya, supaya kakiMu jangan terantuk kepada batu.’”.
 
¨     Ilham roh.
 
¨     Pemberitaan.
 
¨     Surat yang dikatakan dari kami.
 
2Tes 3:17 - “Salam dari padaku, Paulus. Salam ini kutulis dengan tanganku sendiri. Inilah tanda dalam setiap surat: beginilah tulisanku”.
 
Ay 2: “supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah”.
KJV: ‘ye be not soon shaken in mind, or be troubled’ (= jangan engkau digoncangkan dalam pikiran, atau dikacaukan).
 
Ay 3-4: “(3) Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, (4) yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah”.
 
·        “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga!”.
 
·        “Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa”.
KJV: ‘except there come a falling away first, and that man of sin be revealed, the son of perdition (= kecuali datang lebih dahulu kemurtadan, dan manusia dosa dinyatakan, anak kebinasaan / kehancuran / neraka).
NIV: for that day will not come until the rebellion occurs and the man of lawlessness is revealed, the man doomed to destruction (= karena hari itu tida akan datang sampai pemberontakan terjadi dan manusia tanpa hukum dinyatakan, orang yang ditentukan untuk kehancuran).
NASB: for it will not come unless the apostasy comes first, and the man of lawlessness is revealed, the son of destruction (= karena itu tidak akan datang kecuali kemurtadan datang dulu, dan manusia tanpa hukum dinyatakan, anak kehancuran).
 
Kristus tidak mungkin bisa datang kedua-kalinya sebelum:
 
¨     Terjadi kemurtadan / masa kemurtadan besar.
 
¨     ‘manusia durhaka / tanpa hukum’ / ‘anak kebinasaan / neraka / kehancuran’ dinyatakan.
 
*       Arti dari istilah yang aneh ini.
 
Matthew Henry: Ia disebut manusia dosa / durhaka, untuk menunjukkan kejahatannya yang menyolok; bukan hanya bahwa ia kecanduan pada kejahatan dan mempraktekkannya sendiri, tetapi ia juga memajukan, menyetujui, dan memerintahkan dosa dan kejahatan dalam diri orang2 lain; dan ia adalah anak kehancuran / kebinasaan, karena ia sendiri disediakan untuk kehancuran, dan merupakan alat untuk menghancurkan banyak orang lain baik dalam jiwa maupun tubuh.
 
Yoh 17:12 - “Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam namaMu, yaitu namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci”.
KJV: ‘but the son of perdition’ (= kecuali anak kebinasaan / kehancuran / neraka).
 
*       Boleh dikatakan semua penafsir mengarahkan istilah ini kepada sang Anti Kristus.
 
Wycliffe: Dalam PB hanya Yohanes menggunakan istilah ‘Anti Kristus’ (1Yoh 2:18,22; 4:3; 2Yoh 7), tetapi tidak ada keraguan siapa yang ada dalam pikiran Paulus.
 
A. T. Robertson: Ia kelihatannya adalah sang Anti Kristus dari 1Yoh 2:18. Istilah yang mengerikan ‘anak kehancuran’, diterapkan ... di sini kepada orang tanpa hukum (HO ANOMOS), 2Tes 2:8, yang bukanlah setan, tetapi seseorang tertentu yang melakukan pekerjaan setan.
 
*       Gereja Roma Katolik = penggenapan dari nubuat ini?
 
·        “yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah”.
 
¨     Istilah2 dalam ay 4 tentang sang Anti Kristus inilah yang menyebabkan banyak orang Protestan yang menganggap bahwa sang Anti Kristus itu adalah Gereja Roma Katolik / Paus / ke-Paus-an.
 
Calvin: setiap orang yang telah belajar dari Kitab Suci tentang hal-hal apa yang secara khusus adalah milik Allah, dan pada saat yang sama memperhatikan apa yang diclaim oleh Paus bagi dirinya sendiri - sekalipun ia adalah seorang anak berusia 10 tahun - tidak akan mendapatkan problem dalam mengenali Anti Kristus.
 
Barnes: Ungkapan2 berikut, diterapkan kepada Paus dari Roma oleh penulis2 Katolik, tanpa teguran dari kepausan, akan menunjukkan betapa hal ini cocok sepenuhnya dengan orang2 yang berpura2 menjadi Kepala dari Gereja. Ia telah disebut ‘Tuhan Allah kami sang Paus; Allah yang lain di bumi; raja atas segala raja dan tuhan atas semua tuhan. Kekuasaan Allah sama dengan kekuasaan Paus. Mempercayai bahwa Tuhan Allah kita sang Paus tidak boleh menetapkan seperti ia menetapkan merupakan bidat / kesesatan. Kuasa dari sang Paus lebih besar dari semua kuasa yang diciptakan, dan memperluas dirinya sendiri pada hal2 yang berkenaan dengan surga, bumi, dan neraka. Sang Paus melakukan apapun kemana ia condong, bahkan hal-hal yang tidak diperbolehkan oleh hukum, dan adalah lebih dari Allah’; lihat otoritas dari pernyataan2 yang luar biasa ini dalam buku Dr. Newton tentang Nubuat2, Dissertations xxii.
 
Matthew Henry: sang Anti Kristus yang disebutkan di sini adalah seorang perebut kuasa dari otoritas Allah dalam Gereja Kristen, yang mengclaim kehormatan ilahi; dan bagi siapa ini bisa diterapkan dengan lebih baik dari pada uskup2 Roma, kepada siapa gelar2 yang paling bersifat menghujat telah diberikan, seperti Dominus Deus noster papa - Tuhan Allah kami sang Paus; Deus alter in terr - Allah yang lain di bumi; Idem est dominium Dei et papae - Kekuasaan Allah dan Paus adalah sama?
 
New York Catechism: Paus menggantikan Yesus Kristus di bumi ... Oleh hak ilahi Paus mempunyai kuasa tertinggi dan penuh dalam iman dan moral atas setiap gembala dan domba gembalaannya. Ia adalah wakil yang benar / sejati dari Kristus. Ia adalah pemerintah / pemimpin yang tidak bisa salah, pendiri dari dogma2, pengarang / sumber dan hakim dari sidang2 gereja, pemimpin kebenaran di seluruh dunia, penengah / wasit dunia ini, hakim tertinggi dari surga dan bumi, hakim dari semua, tidak dihakimi oleh siapapun, Allah sendiri di bumi ini.
 
Loraine Boettner: Demikianlah orang Roma Katolik beranggapan bahwa Paus, sebagai wakil Kristus di bumi, adalah pemerintah dunia, mempunyai kedudukan / otoritas tertinggi bukan hanya atas gereja Roma (Katolik) sendiri tetapi atas semua raja, presiden, dan pemerintah sipil, bahkan atas semua orang dan bangsa.
 
¨     ada juga yang menganggap bahwa Gereja Roma Katolik / kepausan tidak mungkin merupakan penggenapan utama dari nubuat ini.
 
*       Sudah lewat ratusan / lebih dari 1000 tahun sejak adanya Gereja Roma Katolik, tetapi Kristus tetap belum datang.
 
*       Dalam ay 9 maupun Wah 13:13-14, dikatakan bahwa kedatangan sang Anti Kristus itu akan disertai dengan mujijat2 palsu, dan ini tidak ada dalam Gereja Roma Katolik.
 
Ay 9: “Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa2 perbuatan ajaib, tanda2 dan mujizat2 palsu”.
 
Wah 13:13-14 - “(13) Dan ia mengadakan tanda2 yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang. (14) Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda2, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu”.
 
c)  Kalau ada orang Katolik yang marah karena penafsiran ini, perlu mereka ketahui bahwa salah seorang Paus mereka berbicara dengan nada serupa.
 
Jamieson, Fausset & Brown: Gregory yang Agung menyatakan terhadap kepala2 / bapa2 dari Konstantinople, bahwa siapapun yang menyebut dirinya sendiri ‘Uskup Universal’ merupakan ‘pendahulu dari Anti Kristus’. Kepausan menggenapi hal ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar