Kasidan Jati

Kasidan Jati
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Yoh. 14:2-3

Sabtu, 17 September 2011

Dunia Orang Mati 7 - Alam Barzakh - Sheol - Hades - 阴间也 - 陰間也

Dunia Orang Mati 7 - Alam Barzakh - Sheol - Hades - 阴间也 - 陰間也

科幻虫

Benarkah?

Catatan Full Life
1Ptr 3:19 1
Ayat 1Pet 3:18-20 sudah sejak dahulu merupakan kesulitan bagi para penafsir.
  1. 1) Salah satu pandangan ialah bahwa Kristus, setelah kematian dan kebangkitan-Nya (ayat 1Pet 3:18), pergi kepada malaikat-malaikat terpenjara yang berbuat dosa di zaman Nuh (ayat 1Pet 3:20; bd. 2Pet 2:4-5) dan memberitakan kepada mereka kemenangan-Nya atas kematian dan Iblis (ayat 1Pet 3:22). Tafsiran lainnya ialah bahwa Kristus oleh Roh Kudus memberitakan suatu peringatan melalui mulut Nuh (bd. 2Pet 2:5) kepada angkatan Nuh yang tidak taat, dan kini berada di Hades menantikan penghakiman terakhir. Penafsiran ini lebih cocok dengan konteks yang berbicara tentang umat yang tidak taat dan tidak selamat di zaman Nuh. Penafsiran ini juga akan selaras dengan pernyataan Petrus bahwa Roh Kristus berbicara di masa lalu melalui para nabi (2Pet 1:20-21).
  2. 2) Baik ayat ini maupun 1Pet 4:6 tidak mengajarkan bahwa orang berdosa yang tidak dilahirkan kembali akan mempunyai kesempatan kedua untuk menerima keselamatan setelah mati. Setelah kematian datanglah penghakiman (lih. Ibr 9:27) dan tempat menetap abadi bagi seseorang (Luk 16:26).

Jerusalem: 1Ptr 3:18--4:6
Dalam bagian ini terdapat berbagai unsur dari syahadat iman: kematian Kristus, 1Pe 3:18; turunnya ke dalam dunia orang mati, 1Pe 3:19; kebangkitanNya, 1Pe 3:21; dudukNya di sebelah kanan Allah, 1Pe 3:22; penghakiman orang yang hidup dan yang mati, 1Pe 4:5.

Jerusalem: 1Ptr 3:19
Ayat ini barangkali menyinggung turunnya Kristus ke dalam dunia orang mati (Yunani: Hades), bdk Mat 16:18+, pada waktu yang berlangsung antara wafatNya dan kebangkitanNya, Mat 12:40; Kis 2:24,31; Rom 10:7; Efe 4:9; Ibr 13:20; "dalam roh" Yesus turun ke sana, bdk Luk 23:46, atau kiranya dengan lebih tepat "menurut Roh". Rom 1:4+, sedangkan "dagingNya" mati di salib, Rom 8:3 dst. Roh-roh yang di dalam penjara "yang kepadanya Yesus" memberitakan Injil (harafiah: memberitakan: yakni keselamatan), ialah menurut sementara ahli roh-roh jahat yang terbelenggu (seperti dikatakan dalam buku apokrip Henokh). Ada sementara ahli yang memperbaiki teks 1Petrus, sehingga bukan Kristus melainkan Henokh memberitakan kabarnya. Dengan memberitakan kabarNya Kristus menaklukkan roh-roh itu kepada diriNya sebagai Tuhan (Kirios), 1Pe 3:22; bdk Efe 1:21 dst; Fili 2:8-10, sementara penaklukan terakhir masih dinantikan, 1Ko 15:24 dst. Sementara ahli lain berpendapat bahwa "roh-roh" itu ialah roh-roh orang mati, yang waktu air bah dihukum, tetapi berkat kesabaran Allah toh dipanggil untuk hidup, bdk 1Pe 4:6. Dalam Mat 27:52 dst terdapat suatu pikiran yang serupa tentang "orang-orang kudus" yang dibebaskan oleh Kristus pada waktu antara wafatNya dan kebangkitanNya, "orang-orang" itu ialah orang-orang benar yang menantikan Kristus, bdk Ibr 11:39 dst; Ibr 12:23, untuk bersama denganNya masuk ke dalam "Kota Suci" di akhir zaman. Turunnya Kristus ke dalam dunia orang mati itu termasuk ke dalam syahadat para rasul.

Ende: 1Ptr 3:19 - Dalam rohnja....
Tubuhnja mati, tetapi djiwa Kristus tetap hidup. Dan dalam keadaan hidup itu, Ia pergi mewartakan kabar-gembira kepada mereka jang belum menikmati hasil penebusan.

Ref. Silang FULL: 1Ptr 3:19 - dalam penjara
· dalam penjara: 1Pet 4:6

Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)
Wycliffe: 1Ptr 3:19-20 - Di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil // Allah tetap menanti dengan sabar,
19, 20. Di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil. Di sini kita berhadapan dengan sebuah pengalihan yang sulit dipahami. Beberapa pakar, salah satu contohnya adalah Lange. beranggapan bahwa satu-satunya kesimpulan yang langsung dan wajar dari ungkapan ini ialah bahwa Kristus, sesudah disalibkan, turun ke dunia orang mati dan memberitakan awal dari masa kasih karunia kepada roh-roh yang dipenjara di situ" (J. P. Lange. Commentary on the Holy Scripture, IX: 64). Beliau mengemukakan bahwa tidak diragukan lagi ketika itu banyak yang diselamatkan karena memperoleh kesempatan yang kedua tersebut. Pandangan ini menimbulkan pertanyaan yang sulit dijawab yaitu mengapa. Bari semua orang yang belum percaya, hanya orang-orang kuno itu saja yang memperoleh hak ini, dan menimbulkan kemungkinan (yang bertentangan dengan ajaran Perjanjian Baru yang sudah jelas) bawah orang-orang berdosa lain yang belum bertobat akan berkesempatan untuk percaya kepada Kristus. Beberapa penafsir lain beranggapan bahwa khotbah Kristus di dunia orang mati ini bersifat mengutuk, namun pandangan ini tidak sesuai dengan pengertian umum dari istilah Yunani yang dipakai, yaitu yang artinya memberitakan, mengumumkan, dan sering kali dipakai di dalam hubungan dengan Injil. John Owen penerjemah dan editor Calvin (John Calvin, Commentaries on the Castholic Epistles, hlm. 116, catatan) mengutip penjelasan yang disetujui oleh Beza, Doddridge, Mack night, dan Scott, bahwa waktu dari tindakan pemberitaan ini adalah pada masa pelayanan Nuh, ketika Kristus melalui Roh memberitakan Injil melalui Nuh kepada orang-orang fasik yang belakangan sudah menjadi roh-roh yang tinggal di dunia orang mati ketika Petrus menulis. Semua ini terjadi ketika Allah tetap menanti dengan sabar, dengan menunda terjadinya air bah. Acuan kepada waktu yang diperlukan untuk membangun bahtera tampaknya sesuai dengan penafsiran ini. Acuan kepada jumlah kecil yang diselamatkan akan memberi semangat kepada "kawanan kecil" yang ada di Asia.

1 Petrus 3:19

TB (1974) ©
dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh 1  yang di dalam penjara, l 

BIS (1985) ©
Dalam keadaan roh Ia pergi mengabarkan berita dari Allah kepada roh-roh yang dipenjarakan:

TL (1954) ©
Di dalam roh itu Ia pun pergilah mengajar segala roh yang di dalam penjara,

MILT (2008)
Dalam pada itu pula, ketika pergi kepada roh-roh yang ada di dalam penjara, Dia telah mengumumkan

WBTC Draft (2006) ©
Dan dalam bentuk roh Ia pergi dan memberitakan firman Allah kepada roh-roh yang di penjara.

KSI (2000) ©
Dalam Ruh itu Ia pernah pergi untuk memberi pengajaran kepada ruh-ruh yang dipenjarakan,

FAYH (1989) ©
dan di dalam roh Ia mengunjungi roh-roh yang terbelenggu, serta menyampaikan Berita Kesukaan kepada mereka --

ENDE (1969) ©
Dalam rohNja Ia pergi mewartakan kabar gembira kepada roh-roh jang terbelenggu dalam pendjara.

Shellabear Draft (1912) ©
maka dalam hal itu pergilah ia mengajar segala roh yang dalam penjara,

Melayu BABA (1913) ©
dan dalam ini hal-lah dia sudah pergi ajar sgala roh di dalam jel,

Klinkert 1879 (1879) ©
Maka dalam itoe djoega pergilah Ija mengadjar segala njawa jang didalam pendjara;

Klinkert 1863 (1863) ©
Maka dengan dia djoega Toehan soedah pergi mengadjar sama segala djiwa {1Pe 4:6} jang ada didalem pandjara,

Leydekker Draft (1733) ©
Dengan jang mana lagi 'ija sudah ber`angkat menchothbatkan pada segala 'arwahh jang didalam pandjara,

Shellabear 2008
Dalam Ruh itu Ia pernah pergi untuk menyampaikan berita kepada ruh-ruh yang dipenjarakan,

Shellabear 2000
Dalam Ruh itu Ia pernah pergi untuk memberi pengajaran kepada ruh-ruh yang dipenjarakan,

TMV
Dalam keadaan roh Dia pergi mengisytiharkan berita daripada Allah kepada roh-roh yang dipenjarakan,

MALAY2
Dalam keadaan demikian, Dia pergi menyampaikan perkhabaran kepada roh-roh yang dipenjarakan.

BSD
Dalam roh, Ia pergi kepada roh-roh yang dipenjarakan untuk menyampaikan berita dari Allah.

Ambon Draft
Dalam jang mana Ija lagi sudah pergi dan sudah mengchotbatkan kapada nja-wa-njawa itu di dalam pan-djara,

VMD
Dan dalam Roh Ia pergi dan memberitakan firman Allah kepada roh-roh yang di penjara.

Keasberry
Maka dungan itulah juga iya tulah purgi mungajar pada sagala nyawa yang dalam punjara;

KSKK
dan karena itu Ia telah pergi menyampaikan warta kepada roh-roh yang terbelenggu.

Aceh
Lam keuadaan roh Gobnyan geujak keugeupeusampoe feureuman nibak Allah ubak roh-roh nyang na lam glab:

Karo
Janah i bas kuasa Kesah e lawes Ia meritaken berita i bas Dibata nari man tendi-tendi si tertaban,

Toba
Di bagasan tondi i do Ibana laho marjamita tu angka tondi na di bagasan hurungan i,

Sunda
Dina kaayaan roh, Anjeunna angkat ngawartaan ka sukma-sukma anu keur dikungkung,

Jawa 2006
sarta ing sajroning Roh iku uga, Panjenengané paring pangandika marang para roh kang ana ing pakunjaran,

Jawa 1994
Srana kawontenané sing wujud roh mau Panjenengané martosaké Injil marang roh-roh sing padha dikunjara:

Jawa-Suriname
Ya rohé Kristus kuwi sing medun nggelarké kabar kabungahan marang roh-rohé wong mati sing disetrap.

Madura
E dhalem kabadha’an erroh Almasih ngabarragi berta dhari Allah ka roh-erroh se epenjara:

Bali
samaliha sajeroning Ida nyeneng maraga Roh punika, Ida sampun lunga buat midartayang Orti Rahayu ring sakancan roh-rohe sane kabanda.

Bugis
Ri laleng keadaang roh laowi mabbirittangngi karéba polé ri Allataala lao ri roh-roh iya ritarungkué;

Makasar
Iaminjo RohNa a’lampa ambirittakangi biritta battua ri Allata’ala mae ri roh-roh nitarungkua:

Gorontalo
Todelomo owowoluwoa lo rohu Tio lonao̒ helo pohabari habari lonto Allahu Taa̒ala to roroo-huwaalo tatilu tupaalio:

Mentawai
Ka bagat ketsat, ei nia masipaarep katuareman sibara ka Taikamanua ka tubudda paketsa-ketsat sipenjaraakenen;

Minangkabau
Dalam ka adaan roh, Baliau payi mangabakan barito dari Allah, kabake roh-roh nan dipinjarokan:

Mongondow
Bo kom bonu ing ka'ada'an-Nya saḷaku Roho tatua, Sia minayak nopoyaput in Habar Mopia nongkon i Allah kon intau mita inta pinonjara:



Lihat juga:

Andereas Samudera 6 - 安德烈亚斯萨穆德拉 - 安德烈亞斯薩穆德拉 - Ān dé liè yà sī sà mù dé lā


Tidak ada komentar:

Posting Komentar