Kasidan Jati

Kasidan Jati
Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada. Yoh. 14:2-3

Sabtu, 24 September 2011

Eskatologi 8 - Eschatology - 末世论 - 末世論 - Mò shìlùn

Eskatologi 8 - Eschatology - 末世论 - 末世論 - Mò shìlùn

Eschatology (8)

General eschatology

 

I) Kedatangan Kristus yang kedua-kalinya.

 
1) Perbedaan PL dan PB dalam menggambarkan kedatangan Kristus yang kedua-kalinya.
 
a) Dalam PL nabi-nabi tidak membedakan secara jelas kedatangan Kristus yang pertama dan kedatangan Kristus yang kedua-kalinya, dan bahkan mencampur-adukkannya.
 
1. Yoel 2:28-32 - “(28) ‘Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan RohKu ke atas semua manusia, maka anak2mu laki2 dan perempuan akan bernubuat; orang2mu yang tua akan mendapat mimpi, teruna2mu akan mendapat penglihatan2. (29) Juga ke atas hamba2mu laki2 dan perempuan akan Kucurahkan RohKu pada hari2 itu. (30) Aku akan mengadakan mujizat2 di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan2 asap. (31) Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. (32) Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang2 yang terlepas.”.
 
2. Mal 3:17-4:6 - “(3:17) Mereka akan menjadi milik kesayanganKu sendiri, firman TUHAN semesta alam, pada hari yang Kusiapkan. Aku akan mengasihani mereka sama seperti seseorang menyayangi anaknya yang melayani dia. (3:18) Maka kamu akan melihat kembali perbedaan antara orang benar dan orang fasik, antara orang yang beribadah kepada Allah dan orang yang tidak beribadah kepadaNya. (4:1) Bahwa sesungguhnya hari itu datang, menyala seperti perapian, maka semua orang gegabah dan setiap orang yang berbuat fasik menjadi seperti jerami dan akan terbakar oleh hari yang datang itu, firman TUHAN semesta alam, sampai tidak ditinggalkannya akar dan cabang mereka. (4:2) Tetapi kamu yang takut akan namaKu, bagimu akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya. Kamu akan keluar dan berjingkrak2 seperti anak lembu lepas kandang. (4:3) Kamu akan menginjak2 orang2 fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kakimu, pada hari yang Kusiapkan itu, firman TUHAN semesta alam. (4:4) Ingatlah kepada Taurat yang telah Kuperintahkan kepada Musa, hambaKu, di gunung Horeb untuk disampaikan kepada seluruh Israel, yakni ketetapan2 dan hukum2. (4:5) Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu. (4:6) Maka ia akan membuat hati bapa2 berbalik kepada anak2nya dan hati anak2 kepada bapa2nya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah”.
 
Anthony A. Hoekema: nabi2 PL mencampur-adukkan hal2 yang berhubungan dengan kedatangan Kristus yang pertama dengan hal2 yang berhubungan dengan kedatangan Kristus yang kedua-kalinya. Sampai jaman PB barulah dinyatakan bahwa apa yang dipikirkan dalam jaman PL sebagai satu kedatangan dari Mesias akan digenapi dalam dua tahap; kedatangan pertama dan kedatangan kedua. Karena itu, apa yang tidak jelas bagi nabi2 PL dibuat menjadi jelas dalam jaman PB.
 
b) Tetapi dalam PB, Yesus dan rasul-rasul berbicara secara jelas tentang kedatangan Kristus yang kedua-kalinya.
 
1. Mat 24:29-31 - “(29) ‘Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang2 akan berjatuhan dari langit dan kuasa2 langit akan goncang. (30) Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan2 di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya. (31) Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat2Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang2 pilihanNya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain”.
 
2. Mat 25:31-32 - “(31) ‘Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaanNya dan semua malaikat bersama2 dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaanNya. (32) Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapanNya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing”.
 
3. Mat 26:64 - “Jawab Yesus: ‘Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di atas awan2 di langit.’”.
 
4. Kis 1:11 - “dan berkata kepada mereka: ‘Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.’”.
 
5.     Fil 3:20 - “Karena kewargaan kita adalah di dalam sorga, dan dari situ juga kita menantikan Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat”.
 
6. 1Tes 4:15-16 - “(15) Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. (16) Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit”.
 
7. 2Tes 1:7-10 - “(7) dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diriNya bersama2 dengan malaikat2Nya, dalam kuasaNya, di dalam api yang bernyala2, (8) dan mengadakan pembalasan terhadap mereka yang tidak mau mengenal Allah dan tidak mentaati Injil Yesus, Tuhan kita. (9) Mereka ini akan menjalani hukuman kebinasaan selama2nya, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kekuatanNya, (10) apabila Ia datang pada hari itu untuk dimuliakan di antara orang2 kudusNya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai”.
 
8. Ibr 9:28 - “demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia”.
 
2) Istilah2 yang digunakan untuk menunjuk pada kedatangan Kristus yang kedua-kalinya.
 
a) APOKALUPSIS [= revelation / unveiling (= penyataan / penyingkapan)], yang menunjuk pada penyingkiran segala sesuatu yang sekarang ini menghalangi kita untuk melihat Kristus.
 
1Kor 1:7 - “Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karuniapun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus”.
 
2Tes 1:7 - “dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan diriNya bersama-sama dengan malaikat2Nya, dalam kuasaNya, di dalam api yang bernyala2”.
 
1Pet 1:7,13 - “(7) Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu - yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api - sehingga kamu memperoleh puji2an dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diriNya. ... (13) Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus”.
 
1Pet 4:13 - “Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaanNya”.
 
b) EPIPHANEIA [= appearance / manifestation (= penampilan / manifestasi)], yang merupakan suatu istilah yang menunjuk pada datangnya Kristus dari latar belakang yang tersembunyi.
 
2Tes 2:8 - “pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali”.
NASB: by the appearance of His coming (= oleh pemunculan / penampilan kedatanganNya).
 
1Tim 6:14 - “Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diriNya”.
NIV/NASB: ‘the appearing’ (= pemunculan / penampilan).
 
2Tim 4:1,8 - “(1) Di hadapan Allah dan Kristus Yesus yang akan menghakimi orang yang hidup dan yang mati, aku berpesan dengan sungguh2 kepadamu demi penyataanNya dan demi KerajaanNya: ... (8) Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hariNya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatanganNya”.
NIV/NASB menterjemahkan ‘appearing’ (= pemunculan / penampilan), baik untuk ay 1 maupun untuk ay 8.
 
Tit 2:13 - “dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus”.
NIV/NASB: ‘appearing’ (= pemunculan / penampilan).
 
c) PAROUSIA [= presence (= kehadiran)], yang menunjuk pada kedatangan yang mendahului kehadiran, atau kedatangan yang menyebabkan kehadiran.
 
Mat 24:3,27,37 - “(3) Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid2Nya kepadaNya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: ‘Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatanganMu dan tanda kesudahan dunia?’ ... (27) Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia. ... (37) ‘Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia”.
 
1Kor 15:23 - “Tetapi tiap2 orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milikNya pada waktu kedatanganNya”.
 
1Tes 2:19 - “Sebab siapakah pengharapan kami atau sukacita kami atau mahkota kemegahan kami di hadapan Yesus, Tuhan kita, pada waktu kedatanganNya, kalau bukan kamu?”.
 
1Tes 3:13 - “Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudusNya”.
 
1Tes 4:15 - “Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal”.
 
1Tes 5:23 - “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita”.
 
2Tes 2:1,8 - “(1) Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara, ... (8) pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali”.
NASB: by the appearance of His coming (= oleh pemunculan / penampilan kedatanganNya).
 
Yak 5:7-8 - “(7) Karena itu, saudara2, bersabarlah sampai kepada kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi. (8) Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!”.
 
2Pet 1:16 - “Sebab kami tidak mengikuti dongeng2 isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai raja, tetapi kami adalah saksi mata dari kebesaranNya”.
 
2Pet 3:4,12 - “(4) Kata mereka: ‘Di manakah janji tentang kedatanganNya itu? Sebab sejak bapa-bapa leluhur kita meninggal, segala sesuatu tetap seperti semula, pada waktu dunia diciptakan.’ ... (12) yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur2 dunia akan hancur karena nyalanya”.
 
1Yoh 2:28 - “Maka sekarang, anak2ku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diriNya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatanganNya”.
 
3) Kedatangan Kristus yang kedua-kalinya merupakan satu peristiwa.
 
L Berkhof: Berdasarkan Kitab Suci harus dipertahankan bahwa kedatangan Tuhan yang kedua akan merupakan satu peristiwa.
 
Bdk. Ibr 9:28 - “demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diriNya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diriNya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia”.
 
Pandangan Dispensationalisme.
 
a) Kedatangan Kristus yang ke 2a, mereka sebut PAROUSIA [= presence (= kehadiran)], dan:
 
1. Bisa terjadi kapan saja, dan tidak didahului oleh tanda-tanda apapun.
 
2. Kristus hanya datang di awan-awan dan tidak sampai ‘mendarat’ di bumi.
 
3. Orang percaya yang telah mati akan dibangkitkan, sedangkan orang percaya yang masih hidup akan diangkat (rapture).
 
Kedatangan Yesus untuk para orang kudusNya.
 
4. Herman Hoeksema menambahkan (hal 774) bahwa menurut pandangan Dispensationalisme, kedatangan ke 2a ini terjadi secara diam-diam / rahasia. Orang-orang yang tertinggal di bumi akan heran karena hilangnya orang-orang percaya (yang diangkat / mengalami rapture).
 
1Tes 4:15-17 - “(15) Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali-kali tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. (16) Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; (17) sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan”.
 
b) Kedatangan Kristus yang ke 2a ini disusul dengan suatu selang waktu selama 7 tahun, dimana akan terjadi hal-hal ini:
 
1. Dunia akan diinjili.
 
Mat 24:14 - “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.’”.
 
2. Israel akan bertobat.
 
Ro 11:26 - “Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis: ‘Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari pada Yakub”.
 
3. Terjadi masa kesukaran besar (the great tribulation), dan juga penyesatan besar-besaran (the great apostasy).
 
Mat 24:21-22 - “(21) Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. (22) Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang2 pilihan waktu itu akan dipersingkat”.
 
4. Anti Kristus akan dinyatakan.
 
2Tes 2:8-10 - “(8) pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali. (9) Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa2 perbuatan ajaib, tanda2 dan mujizat2 palsu, (10) dengan rupa2 tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka”.
 
c) Setelah masa 7 tahun itu maka terjadi kedatangan Kristus yang ke 2b, yang mereka sebut APOKALUPSIS [= revelation / unveiling (= penyataan / penyingkapan)], atau ‘hari Tuhan’ (the day of the Lord), dimana:
 
1. Pada saat ini Kristus akan datang bersama / dengan orang-orang kudusNya.
 
1Tes 3:13 - “Kiranya Dia menguatkan hatimu, supaya tak bercacat dan kudus, di hadapan Allah dan Bapa kita pada waktu kedatangan Yesus, Tuhan kita, dengan semua orang kudusNya”.
 
2. Kristus datang sampai ‘mendarat’ di bumi, bukan hanya di awan-awan seperti pada kedatangan yang ke 2a.
 
3. Kedatangan ini didahului oleh beberapa peristiwa yang sudah dinubuatkan.
 
4. Setelah kedatangan ini Kristus lalu melakukan penghakiman, dan mendirikan / memimpin ke dalam kerajaan 1000 tahun.
 
Louis Berkhof mengatakan (hal 696) bahwa pandangan Dispensationalisme itu, yang menganggap kedatangan pertama sebagai PAROUSIA dan kedatangan kedua sebagai APOKALUPSIS, adalah pandangan yang salah karena:
 
a. Dalam 2Tes 2:1,2,8 istilah PAROUSIA [= presence (= kehadiran)] dan ‘hari Tuhan’ / ‘the day of the Lord’ digunakan secara interchangeable (bisa dibolak-balik).
 
2Tes 2:1,2,8 - “(1) Tentang kedatangan (Yunani: PAROUSIAS) Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara2, (2) supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah2 ‘hari Tuhan’ telah tiba. ... (8) pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulutNya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang (Yunani: PAROUSIAS) kembali”.
 
b. Menurut 2Tes 1:7,10, APOKALUPSIS [= revelation / unveiling (= penyataan / penyingkapan)] yang disebutkan dalam ay 7, terjadi pada waktu yang bersamaan dengan ‘hari itu’ yang merupakan PAROUSIA [= presence (= kehadiran)] yang membawa pemuliaan kepada orang-orang kudus yang dibicarakan dalam ay 10.
 
2Tes 1:7,10 - “(7) dan untuk memberikan kelegaan kepada kamu yang ditindas, dan juga kepada kami, pada waktu Tuhan Yesus dari dalam sorga menyatakan (Yunani: APOKALUPSEI) diriNya bersama2 dengan malaikat2Nya, dalam kuasaNya, di dalam api yang bernyala2, ... (10) apabila Ia datang pada hari itu untuk dimuliakan di antara orang2 kudusNya dan untuk dikagumi oleh semua orang yang percaya, sebab kesaksian yang kami bawa kepadamu telah kamu percayai”.
 
Catatan: baik NIV maupun NASB menterjemahkan kata ‘di antara’ dalam ay 10 dengan kata ‘in’ (= dalam). Jadi, ay 10 menunjukkan Yesus dimuliakan dalam orang-orang kudusNya.
 
c. Mat 24:29-31 menggambarkan kedatangan Tuhan, pada saat mana orang2 pilihan dikumpulkan bersama-sama, terjadi segera setelah masa kesukaran besar (the great tribulation), sementara dalam pandangan Dispensationalisme, hal itu terjadi sebelumnya.
 
Mat 24:29-31 - “(29) ‘Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang2 akan berjatuhan dari langit dan kuasa2 langit akan goncang. (30) Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan2 di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaanNya. (31) Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat2Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang2 pilihanNya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain”.
 
d. Gereja tidak akan mengalami masa kesukaran besar (the great tribulation) yang terjadi bersama-sama dengan penyesatan / kemurtadan besar-besaran (the great apostasy)?
 
Mat 24:21-22 - “(21) Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. (22) Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang2 pilihan waktu itu akan dipersingkat”.
 
Luk 21:36 - “Berjaga2lah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.’”.
 
2Tes 2:3 - “Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa”.
 
1Tim 4:1-3 - “(1) Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh2 penyesat dan ajaran setan2 (2) oleh tipu daya pendusta2 yang hati nuraninya memakai cap mereka. (3) Mereka itu melarang orang kawin, melarang orang makan makanan yang diciptakan Allah supaya dengan pengucapan syukur dimakan oleh orang yang percaya dan yang telah mengenal kebenaran”.
 
2Tim 3:1-5 - “(1) Ketahuilah bahwa pada hari2 terakhir akan datang masa yang sukar. (2) Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, (3) tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, (4) suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. (5) Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!”.
 
Wah 7:14 - “Maka kataku kepadanya: ‘Tuanku, tuan mengetahuinya.’ Lalu ia berkata kepadaku: ‘Mereka ini adalah orang2 yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba”.
 
e. Kedatangan ke 2a bersifat diam-diam / rahasia?
 
1Tes 4:16 - “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit”.
 
f.  Orang2 percaya yang telah diangkat ke surga itu akan kembali ke bumi / dunia setelah 7 tahun?
 
1Tes 4:17 - “sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama2 dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama2nya bersama2 dengan Tuhan”.
 
Dispensationalisme membedakan adanya 2 kebangkitan orang mati.
 
1Tes 4:14-17 - “(14) Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama2 dengan Dia. (15) Ini kami katakan kepadamu dengan firman Tuhan: kita yang hidup, yang masih tinggal sampai kedatangan Tuhan, sekali2 tidak akan mendahului mereka yang telah meninggal. (16) Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; (17) sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama2 dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama2nya bersama2 dengan Tuhan”.
 
Yoh 5:28-29 - “(28) Janganlah kamu heran akan hal itu, sebab saatnya akan tiba, bahwa semua orang yang di dalam kuburan akan mendengar suaraNya, (29) dan mereka yang telah berbuat baik akan keluar dan bangkit untuk hidup yang kekal, tetapi mereka yang telah berbuat jahat akan bangkit untuk dihukum”.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar